Senin, 13 Mei 2019

Travel Cost Metode


Travel Cost Metode yaitu Premis dasar dari TCM adalah bahwa waktu dan biaya perjalanan yang dibelanjakan oleh individu untuk mengunjungi suatu lokasi mencerminkan “HARGA” bagi akses ke lokasi itu. TCM merupakan teknik yang pertama kali mengasumsikan bahwa nilai suatu tempat rekreasi berkaitan dengan biaya perjalanan yang dikeluarkan para pengunjung atau,  logika sederhana metode ini, yaitu nilai manfaat dari suatu situs/kawasan akan setara dengan biaya perjalanan yang dilakukan oleh masyarakat untuk mengunjungi situs tersebut (Turner, 2004 dalam Adrianto, 2010).
Travel cost method dapat diterapkan di bidang-bidang :
1.     Tempat rekreasi
2.     Cagar alam, taman nasional, hutan yang digunakan untuk rekreasai
3.     Bendungan, waduk, hutan, wisata laut
4.     Kilang minyak
Travel cost method (TCM) memiliki tiga pendekatan, yaitu:
1.     Zonal travel cost , dapat dilakukan hanya dengan menggunakan data sekunder dan beberapa data sederhana yang dikumpulkan dari para pengunjung.
2.     Individual travel cost, menggunakan sebuah survei yang lebih terperinci terhadap para pengunjung.
3.     Random utility, menggunakan survey dan data -data pendukung lainnya, serta teknik statistika yang lebih rumit.
Setidaknya ada tiga metode yang digunkan untuk menentukan nilai WTP dari seseorang untuk perbaikan lingkungan yaitu:
Willingness To Pay (WTP) adalah kesediaan pengguna untuk mengeluarkan imbalan atas jasa yang diperolehnya.
1.     Revealed Willingness to Pay Metode ini mengungkapkan nilai willingne ss to pay dengan menghubungkannya pada sesuatu yang memiliki nilai pasar.
2.     Imputed Willingness to Pay Metode ini mengungkapkan nilai willingness to pay dengan melihat berapa besar pengeluaran seseorang untuk mengurangi dampak dari buruknya kualitas lingkungan terhadap dirinya.
3.     Expressed Willingness to Pay Metode ini mengungkapkan nilai willingness to pay dengan menggunakan survei untuk menanyakan secara langsung pada seseorang terhadap perubahan kualitas lingkungan yang didasarkan pada sebuah skenario hipotesis.
Sumber data dalam menggunakan metode ini dapat menggunakan 2 sumber data yaitu :
1.     Data primer
Data Primer didapatkan dari penelitiaan secara langsung terhadab Objek penelitian yang didasarkan dari hasil kerja lapangan dalam bentuk surve dan wawancara dari wisatawan yang seadang berkunjung di Tempat Wisata.
2.     Data Sekunder
Data ini diperoleh dari Badan Pusat Statistik, Kantor Dinas Pariwisata (Disparta), dan Instansi Pemerintahan Kabupaten/Kota.
Kelebihan dari metode ini dapat mengestimasi manfaat-manfaat ekonomi atau biaya-biaya sebagai hasil dari:
1.     Perubahan-perubahan biaya masuk dari sebuah situs rekreasi.
2.     Pengeluaran terhadap sebuah situs rekreasi yang ada.
3.     Tambahan sebuah tempat rekreasi baru
4.     Perubahan kualitas lingkungan pada sebuah situs rekreasi.
Kekurangan dalam menggunakan ini (Turner, 2004 dalam Adrianto, 2010)., yaitu:
1.     Time costs, sebuah TCM sederhana mengasumsikan bahwa travel cost hanya berkaitan dengan pengeluaran untuk bahan bakar. Seharusnya, sebuah time cost dimasukkan ke dalam travel cost sebagai sebuah refleksi dari nilai rekreasi sesungguhnya dari para pengunjung.
2.     Multiple visit journeys, tak jarang para pengunjung dapat mengunjungi lebih dari satu tempat rekreasi dalam satu hari sehingga mengakibatkan travel cost memiliki margin for error yang tidak pasti terhadap masalah ini.
3.     Substitute sites, para pengunjung seringkali mengunjungi sebuah situs yang diukur nilainya dengan TCM hanya sebagai situs pengganti dikarenakan tidak adanya lagi situs yang dekat dengan rumah mereka.
4.     House purchase decision, sebagian pengunjung akan memutuskan untuk membeli sebuah rumah di dekat tempat rekreasi yang dianggap telah memberikan nilai kepuasan saat mengunjunginya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenal Apa Itu Metode Penelitian : Pengertian, Macam-Macam, dan Contohnya

  Pengertian Dari Metode Penelitian Penelitian sendiri berasal dari bahasa Inggris, yaitu research, yang berasal dari dua kata yaitu re dan ...