Senin, 13 Mei 2019

Nilai Ekonomi Total


Nilai ekonomi total (NET) merupakan  penjumlahan dari nilai guna langsung, nilai guna tidak langsung dan nilai non guna, dengan formulasi sebagai berikut (Pearce, 1992).
NET = Nilai Guna Langsung + Nilai Guna Tidak Langsung + Nilai Pilihan +  Nilai Keberadaan
·       Nilai guna langsung merupakan nilai dari manfaat yang langsung dapat diambil dari sumber daya. Sebagai contoh manfaat penggunaan sumber daya sebagai input untuk proses produksi atau sebagai barang konsumsi.
·       Nilai guna tidak langsung, yaitu nilai dari manfaat yang secara tidak langsung dirasakan manfaatnya, dan dapat berupa hal yang mendukung nilai guna langsung, seperti berbagai manfaat yang bersifat fungsional yaitu berbagai manfaat ekologis sumber daya.
·       Nilai pilihan, mengacu kepada nilai penggunaan langsung dan tidak langsung yang berpotensi dihasilkan di masa yang akan datang. Hal ini meliputi manfaat-manfaat sumber daya alam yang “disimpan atau dipertahankan” untuk kepentingan yang akan datang (sumber daya yang disisihkan untuk panen yang akan datang), apabila terdapat ketidakpastian akan ketersediaan sumber daya tersebut, untuk pemanfaatan yang akan datang.
·       Nilai bukan guna yaitu semua manfaat yang dihasilkan bukan dari hasil interaksi secara fisik antara sumber daya dan konsumen (pengguna). 
·       Nilai bukan guna meliputi manfaat yang tidak dapat diukur yang diturunkan dari keberadaan sumber daya di luar nilai guna langsung dan tidak langsung.
Nilai bukan guna terdiri atas nilai keberadaan dan nilai warisan.
·       Nilai keberadaan adalah nilai kepedulian seseorang akan keberadaan suatu sumber daya berupa  nilai yang diberikan oleh masyarakat kepada kawasan hutan atas manfaat spiritual, estetika dan kultural.
·       Nilai warisan adalah nilai yang diberikan masyarakat yang hidup saat ini terhadap sumber daya, agar tetap utuh untuk diberikan kepada generasi akan datang.
Nilai-nilai ini tidak terefleksi dalam harga pasar (Bishop, 1999)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenal Apa Itu Metode Penelitian : Pengertian, Macam-Macam, dan Contohnya

  Pengertian Dari Metode Penelitian Penelitian sendiri berasal dari bahasa Inggris, yaitu research, yang berasal dari dua kata yaitu re dan ...